7 JURUS LARIS MANIS JUALAN DI MARKETPLACE

By Admin

7 JURUS LARIS MANIS JUALAN DI MARKETPLACE

Bagi Anda yang masih kesulitan dalam menjual produk di Marketplace, dan mungkin belum kunjung mendapat hasil penjualan yang maksimal hingga saat ini. Mungkin inilah jawaban yang Anda cari selama ini. 7 Jurus Laris Manis Jualan Di Marketplace ini bisa membuat bisnis Anda ramai orderan dalam jangka waktu singkat, jika Anda benar dalam praktek lapangan.

tanpa memperpanjang tulisan, yuk langsung simak 7 Jurus Laris Manis Jualan Di Marketplace berikut ya Sahabat topbotol :

 


1. TENTUKAN NAMA TOKO UNIK DAN MUDAH DIINGAT
Ini adalah hal pertama yang harus dilakukan, tujuannya adalah untuk membuat calon pelanggan ingat dan aware terhadap brand Anda. Selain itu juga karena di marketplace terdapat banyak sekali toko yang bertebaran, maka gunakanlah nama toko yang unik dan mudah diingat oleh calon pembeli. Karena ciri khas tersebut akan membuat calon pembeli lebih mudah dalam mengingat toko Anda.

 


2. LOGO IS BRANDING
Ya,, tanpa logo toko Anda tidak akan menarik dan amat sangat disayangkan jika toko Anda memiliki logo yang biasa-biasa saja. Buatlah logo yang unik, kreatif, dan membuat orang mudah melihatnya. Anda bisa gunakan background warna merah atau kuning agar customer bisa stop scrolling dan menengok toko online Anda. Jangan gunakan logo yang alay dan asal-asalan. Karena logo tersebut bisa membawa trust kepada calon pembeli Anda.

Jika anda bingung memulai darimana, maka mulailah dari aplikasi gratis pembuat logo misalkan seperti aplikasi canva. Silahka langsung buat logo Anda di aplikasi canva.com

 


3. PILIHAN EKSPEDISI
Untuk membuat calon pelanggan semakin tertarik untuk belanja di toko Anda, maka gunakan pilihan ekspedisi yang cukup banyak fasilitasnya. Jika Anda tinggal di kota besar, saya sarankan pilih atau setting “enable” semua ekspedisi. Karena terkadang ekspedisi yang bervariasi juga mempengaruhi calon pembeli dalam mengambil keputusan untuk membeli. Anda bisa memilih JNE, JNT, SiCepat, GoSend, Wahana, dan lain sebagainya. Semakin banyak ekspedisi yang Anda sediakan, maka akan semakin bagus untuk bisnis Anda.


4. DETAIL DESKRIPSI
Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan para seller marketplace, terkadang mereka tidak memperhatikan pembuatan deskripsi sehingga asal bikin saja atau bahkan tidak membuat deskripsi produknya. Saya sering menemukan toko yang tidak memberikan deskripsi produk yang jelas, atau jumlah stok warna yang jelas. Anda pasti juga malas kan jika melihat penjual yang tidak menuliskan deskripsi dengan lengkap bukan?

Maka buatlah deskripsi produk yang jelas dari fitur, warna, bahan, stok dan lain sebagainya. Karena hal ini sangat membantu calon pembeli dalam membeli sesuatu.

 

5. REAL PICTURE KUALITAS TERBAIK
Fatal sekali jika Anda asal comot foto untuk display produk di Marketplace. Inilah salah satu hal yang membuat calon pembeli ragu, foto produk yang asal comot di Google dan bukan foto “real.” Gunakanlah foto asli yang membuat pembeli percaya untuk membeli produk di toko Anda.

Saya pribadi akan malas membeli produk yang fotonya tidak asli dan tidak jelas. Begitu juga dengan Anda bukan, betul?

 

6. PENENTUAN HARGA
Karena di marketplace adalah tempat banyak penjual berkumpul dengan berbagai macam produk dan harga. Maka calon pembeli akan lebih mudah untuk memilih produk mana yang akan dibeli dengan membandingkan berbagai unsure, salah satunya dari segi harga.

Jika Anda bisa memberikan harga yang lebih terjangkau, itu akan lebih baik. Oleh sebab itu sebelum memberikan harga, lakukanlah riset terlebih dulu rentan harga dari kompetitor Anda. Sekedar memberikan saran terkait harga, lebih baik tambahkan value pada produk Anda daripada Anda harus terlibat dalam perang harga yang beresiko kerugian bagi Anda.

 

7. SERVICE IS KING
Inilah yang saya maksud terkait menambahkan value produk, yakni service/pelayanan. Cantumkan jam buka toko di marketplace Anda, misalkan jam 8 pagi sampai 6 sore. Nah di jam tersebut Anda harus standby untuk membalas pertanyaan customer. Customer lebih memilih membayar lebih mahal dengan pelayanan baik, dibandingkan membayar murah tapi pelayanannya tidak memuaskan.

Jadi celah ini bisa Anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan lebih banyak dari competitor yang banting-bantingan harga. Sampai sini bisa dipahami ya ?

Nah.. Itulah 7 Jurus Laris Manis Jualan Di Marketplace, silahkan praktek dan lihat hasilnya sendiri !!!
Sukes untuk Anda..


Salam,
Tim Topbotol